Jumat, 06 April 2012

Eyang,Nisa kangen

Hari Jum'at ini saya sehabis "SLEAPPING BEAUTY" lumayan lama.
Sekitar jam setengah 3 saya mulai berangkat ke dream land.Habis dari pasar burung splindid nyari hewan peliharaan.
Tapi bingung mau melihara apa.

Ritual tidur siang pun dimulai.
Cuci kaki dulu langsung go to bed.

2 setengah jam kemudian skitar jam 5 saya terbangun.
Langsung segera ambil air wudlu buat sholat ashar.

Setelah sholat.Entah kenapa kepikiran Eyang kakung saya yang sudah tiada.Soalnya saya tadi mimpiin eyang.
Belum nglepas mukena saya ambil buku yasin dan segera mendoakan eyangkung.

Eyang kakung saya bernama Mardjono Parthodiharjo.Lahir di Purworejo Jawa Tengah.Eyang Kakung saya meninggal di penghujung tahun 2011.

Eyangkung saya orangnya suka jogging.Waktu saya kelas 1 SMP,pas lagi bangun tidur,Eyang tiba2 uda muncul dirumah saya.Padahal masi jam 5 pagi. 
Jarak rumah eyang ke rumah saya cukup jauh bagi orang se usia eyang.Tapi eyang gak pernah ngrasa capek.
Eyang dulu habis jogging di alun alun trus mampir kerumah saya,buat sarapan nasi pecel yang setiap hari lewat di depan rumah saya.
Karena eyang berasal dari Jawa Tengah,Eyangkung suka sekali makanan yang manis manis.Kayak bacem atau semur. Sambel aja eyang suka yang manis.

Pertama eyangkung sakit*itu,bliau habis jatuh skitar tahun 2008.Beberapa hari setelah jatuh itu Eyangkung mengaku pinggang nya sakit.Mungkin ada yang salah urat gara gara jatuh.Akhirnya Ayah dan ibu saya membawa ke tempat pijat langganan kluarga saya.

Beberapa minggu setelahnya eyang tidak bisa kencing.Langsung dibawa PTPN X (PERSERO) Rumah Sakit GATOEL di Mojokerto.Gatoel itu*rumah sakit perusahaan milik perusahaan eyang bekerja dulu.
Kata dokter,saraf apanya gitu terjepit gara gara habis jatuh itu.Jadi tidak bisa kencing.Akhirnya beliau di operasi.

Setelah beberapa bulan habis di operasi.Eyang sakit lagi.Entah karena apa saya lupa.Akhirnya eyang di bawa ke rumah sakit Gatoel lagi. Disini penyakitnya harus diperiksa beberapa kali.Jadi eyang dirawat di rumah sakit hampir 3 bulanan.Setelah beberapa bulan itu.Dokter menyatakan eyang terkena kanker di saluran kencing.

Operasi ke dua di mulai.Namun dilaksanakan di Rumah Sakit Internasional Surabaya.
Aku juga ikut nungguin eyang di ICU.Dan melihat *Kanker* yang berhasil diambil.
اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ bentuknya itu seperti buah rambutan.Tapi terbuat dari daging dan kayak ada lemaknya.Persis banget.

Karena usia eyang juga sudah sepuh jadi memerlukan waktu beberapa minggu buat pulih.

Setelah keadaan eyang sudah baik,eyang di rawat lagi di RS.Graha Amerta surabaya.
Eyang harus di catheter*apalaah itu cari di google*. Eyang juga harus menjalani kemo,dan sinar untuk menghilangkan sel sel kanker yang masih tersisa

Beberapa tahun eyang harus menjalani kemo,sinar,eyang makin kurus,rambutnya rontok :(
Pertengahan tahun 2011 keadaan eyang nge drop lagi.Ternyata sel kankernya tersisa dan sudah menyebar ke otak.Tapi eyang itu kuat banget.Eyang masih suka bercandaan sama cucunya kalo lagi jenguk di rumah sakit.Eyang masih ngincipi bebek goreng kesukaanku.Masih suka makan puding coklat.

Eyang masuk ICU .Gara gara eyang sudah tidak sadarkan diri.Sehari sebelum eyang di panggil yang maha kuasa.Saya menjenguk eyang di ruang ICU dan membacakan yasin di sebelah bliau.Eyang terlihat tidur nyenyak sekali,meskipun banyak alat alat yang menempel pada tubuh eyang.Saya masih ingat,saya sempat mecium tangan eyang sebelum saya pulang.

Akhir 2011 tepatnya tanggal 30 Desember,eyang meninggalkan semuanya.

Kami sekeluarga sudah ikhlas.Kami yakin eyang pasti dapet tempat yang lebih baik lagi di sisiNya.

Terkadang eyang muncul dimimpi saya.Mungkin eyang kangen doa doa dari saya.
Eyang Eyang...Nisa kangen...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar